7 TEMPAT WISATA CIWIDEY YANG WAJIB DIKUNJUNGI..!!

 KAWAH CIBUNI

Jika anda sudah terbiasa mendengar nama tempat pemandian air panas Ciwalini atau Cimanggu di Ciwidey, maka cobalah untuk mengunjungi Sumber Air Panas Alami Cibuni. Cibuni adalah salah satu daerah di wilayah Ciwidey Kabupaten Bandung. Di kawah Cibuni terdapat banyak rekahan tanah yang mengeluarkan belerang dan uap panas. Selain itu tempat ini juga merupakan sumber mata air panas yang sangat alami karena masih berupa kolam-kolam kecil dari gundukan batu.                                                                                                                    Ketika pertama kali memasuki daerah ini kita akan disuguhi bau belerang yang sangat menyengat dan juga pemandangan kabut uap air panas yang cukup pekat mengelilingi wilayah kawah ini.

Di tempat ini ada sebuah kolam yang bisa digunakan untuk berendam dan juga kolam-kolam lain untuk merendam kaki karena airnya cukup panas

Terdapat pula warung-warung makanan dan juga mushola.
Memasuki tempat ini anda cukup membayar tiket sebesar Rp 5000. Untuk yang mengendarai sepeda motor, dari pintu masuk anda bisa mengendarai sepeda motor melewati jalanan berbatu sepanjang kurang lebih 1 km menuju bibir kawah. Untuk anda yang mengendarai kendaraan roda empat, anda bisa memarkir kendaraan di pinggir jalan dekat pintu masuk untuk selanjutnya berjalan kaki mendaki jalanan tanah berbatu menuju bibir kawah.
Cocok untuk wisata keluarga dan juga wisata alternatif untuk anda yang memiliki penyakit kulit.

Kawah Cibuni ini terletak di Kampung Cibuni di kawasan perkebunan Rancabali. Letaknya sekitar 50 kilometer dari Bandung, tidak jauh dari kawasan wisata Situ Patenggang. Jika ingin mengunjungi tempat ini dari arah Bandung, anda harus melewati dulu kawasan wisata Situ Patenggang, lalu sekitar 3 km dari sana di dekat Jembatan Ciorok, berhentilah di sebuah belokan yang terdapat sebuah pos gerbang Kawasan Wisata Cibuni.

                    Situ Patenggang

 

Situ Patenggang yang terletak di wilayah Bandung selatan merupakan salah satu objek wisata alam yang layak untuk di kunjungi. Situ Patenggang terletak berdekatan dengan tempat wisata favorit di daerah Bandung selatan, Kawah putih . jadi kalau rekan-rekan sedang berlibur ke daerah Bandung selatan, kawasan situ (danau) patenggang ini bisa dimasukan dalam daftar tempat yang akan dikunjungi.

Letak tempat wisata situ patenggang sendiri memang amat menarik. Terletak di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang indah, rekan-rekan akan dimanjakan dengan hijaunya pemandangan yang masih asri mulai dari perjalanan sampai ke lokasi

Legenda Situ Patenggang Ciwidey

Tempat wisata situ patenggang bandung memiliki legenda tersendiri. Nama situ patenggang disebutkan berasal dari kata pateang-teang ( saling mencari) . Seperti biasa, legenda ini bersangkut-paut dengan hubungan cinta . Disebutkan dua orang titisan dewa bernama raden Santang dan dewi rengganis yang terpisahkan sekian lama.

Mereka pun kemudian saling mencari, dan akhirnya bertemu di tempat yang sekarnag bernama batu cinta . Dewi Rengganis kemudian mengajukan permohonan untuk dibuatkan danau dan perahu untuk mereka berlayar. Perahu inilah yang kemudian menjadi pulau di tengah situ patenggang.

Lokasi Situ Patenggang

Situ Patenggang teletak di daerah Bandung selatan, berdekatan dengan kebun teh ciwalini. Posisi situ patenggang sendiri terletak kurang lebih 5 KM setelah kawah putih, salah satu tempat wisata di Bandung yang sudah terkenal. Lokasi situ patenggang dikelilingi oleh perkebunan teh yang hijau sehingga amat memanjakan dan menyegarkan ke mata.

Jalan dari Bandung sampai ke lokasi lumayan bagus. Hanya saja kalau membawa mobil pribadi harus hati-hati di rute antara Ciwidey-kawah putih. jalannya kecil dan berbelok-belok menanjak. Di saat weekend atau long weekend harus lebih hati-hati karena banyak bus wisata besar yang juga lewat ke jalur ini.

Akomodasi

Tiket masuk ke situ patenggang  Rp 18.000 per orang . Sarana tempat parkir tersedia luas, dilengkapi dengan toilet umum. Selain itu juga terdapat villa tempat menginap yang berada tepat di pinggir situ patenggang dan berada dibawah pengelolaan perhutani.

Glamping Lakeside

Tempat wisata baru di Bandung selatan , Glamping Lakeside Rancabali dan Pinisi Resto Rancabali Bandung. Tempatnya cukup unik, bisa memberikan suasana baru buat kamu yang mau liburan di Bandung selatan.

Buat anda yang suka tempat bagus dengan nuansa alami, kawasan wisata yang baru di Bandung selatan ini bisa dijadikan tujuan liburan baru..

Lokasi Glamping Lakeside Rancabali Bandung berada tepat di pinggir Situ patenggang. Tepatnya di dekat area batu cinta. Dulu, untuk menuju ke area batu cinta kita harus menyewa perahu, Jalan menuju Glamping Lakeside dan Pinisi Resto Rancabali Bandung tidak sulit. Rutenya sama saja seperti kita menuju ke kawah putih ataupun situ patenggang.

Jalan masuk ke glamping lakeside mudah untuk ditemukan. Setelah Rancabali, ada akan melihat gerbang masuk besar di sisi kanan jalan. Letaknya sebelum jalan masuk ke situ patenggang, tepat disebelah kantor PTPN. Ngga bakalan kelewat kok, gerbangnya cukup besar

Water Hot Bath Ranca Walini

Alternatif objek wisata bagi anda yang sedang atau akan berkunjung ke kawasan Ciwidey selain Kawah Putih dan Situ Patenggang..”

Pemandian air panas Ciwalini terdapat di kaki perkebunan teh walini Ciwidey yang berudara sejuk. Terdapat dua kolam renang yang dapat anda gunakan untuk menikmati kehangatan air di tengah sejuknya udara pegunungan. Anda diharuskan membayar tiket tambahan untuk masuk ke salah satu kolam dengan fasilitas yang lebih lengkap, kolam ini juga terlihat lebih terawat dan bersih jika dibandingkan dengan yang disebut sebagai kolam umum.

Untuk dapat memasuki kawasan pemandian air panas Ciwalini, anda diharuskan membayar tiket masuk Rp. 20.000 / Orang, sementara kendaraan roda dua dikenai biaya Rp. 2.000 dan roda empat Rp. 3.500 dan Bus Rp. 20.000 / unit. Terdapat bonus teh sachet Walini bagi setiap pengunjung yang datang.

Selain kolam pemandian, di sekitar area kebun teh Walini juga terdapat berbagai macam permainan seperti Flying Fox, ATV Ride, penyewaan sepeda dan lainnya. Pemandian air panas Walini masuk ke dalam daerah Agro Wisata Rancabali, untuk informasi bisa menghubungi nomor telepon : 085724751482 WA 081572456736 a/n Taufik abdul rahman

 

 Water Hot Bath Cimanggu

Tempat Wisata di Bandung ini terkenal di kalangan wisatawan yang berkunjung ke daerah ciwidey adalah dengan Pemandian air panas cimanggu-nya.Meskipun begitu tahukah anda bahwa Si Cantik Cimanggu Ciwidey menyimpan sejuta pesona yang sangat menggoda ?

Cimanggu adalah salah satu primadona wisata bandung selatan,selain tempat wisata di bandung selatan yang lebih dulu populer seperti Kawah Putih dan juga Situ Patenggang.Kawasan wisata cimanggu ciwidey juga sangat dekat dengan tempat-tempat wisata lainnya di ciwidey seperti bumi perkemahan Ranca upas yang hanya berjarak kurang lebih 400 meter saja.

Tempat Wisata Populer ini termasuk kedalam kawasan tempat wisata taman alam di Bandung selatan.Meskipun berada di kecamatan Ranca Bali yang terkenal perkebunan teh-nya yang menghampar hijau,namun karena lokasi dan daya tarik sumber daya alamnya,menjadi bagian tak terpisahkan dari pariwisata Ciwidey itu sendiri.

Tempat Wisata Di Bandung ini termasuk dalam kawasan taman alam hutan lindung,memiliki luas areal 145 Hektar,serta berlokasi di ketinggian 1225 hingga 1350 meter di atas permukaan air.kawasan hutan lindung yang memiliki banyak species pepohonan besar seperti Baros, Kihujan, Kitembaga, Saninten ,Puspa, Rasamala dan Pinus.Serta yang uniknya kawasan hutan lindung ini juga sebagai pusat konservasi satwa liar seperti kancil,macan kumbang,rusa serta berbagai jenis burung.

Apa sih Keunikan serta nilai jual tempat wisata Cimanggu ?

Sebagai kawasan taman wisata alam hutan lindung,maka Cimanggu adalah menjadi tempat wisata alam di Bandung yang layak untuk anda kunjungi.Keindahan alam yang masih alami,hutan hujan tropis yang menawarkan sensasi udara yang sangat dingin dan juga fresh adalah sebagai sesuatu yang istimewa dan spesial buat pengalaman berlibur wisatawan dari perkotaan yang padat,macet dan panas.

Selain sensasi di atas,anda juga akan bisa menikmati Pemandian Air Panas Cimanggu yang terkenal karena alami serta khasiatnya buat kesehatan,karena berasal dari sumber air panas cimanggu.Selain itu di kawasan wisata cimanggu,tersedia area bermain seperti Playing Ground,Kayak,Flying Fox,Hi-Rope,ATV roda 4,penyewaan kuda serta Outbound.

Sementara untuk fasilitas penunjang kenyamanan wisatawan lainnya  yang ada di kawasan Wisata cimanggu antara lain adalah :

– Layanan panduan wisata
– kamar mandi dan toilet
– warung dan tempat makan

Hotel Dan Penginapan Cimanggu Cottage Ciwidey                                                            

 Satu hal yang sangat spesial lagi,di kawasan wisata cimanggu sudah tersedia Cimanggu Cottage Ciwidey,penginapan atau hotel yang representativ dengan harga terjangkau.Cimanggu Cottage Ciwidey mempunyai 7 tipe cottage dengan varian sewa harga yang berbeda untuk jenis tipe kamar serta hari-nya, mulai dari harga sewa Rp.400.000 rupiah sampai harga Rp.1.350.000 rupiah.Untuk pemesanan atau booking kamar hotel,anda bisa menghubungi 081321657527/ 085794943272 (Kang Iye) atau anda bisa menghubungi 085724751482 WA 081572456736 (Kang Opik)

                  Kawah Putih Ciwidey

Kawah putih yang anda lihat saat ini sebenarnya adalah kawah Gunung Patuha. Namun, nama tersebut ternyata kalah populer dan para wisatawan yang lebih mengenal dengan nama Kawah Putih Bandung karena memang tanah dan airnya berwarna putih. Gunung Patuha di daerah Bandung Selatan dianggap oleh masyarakat sekitar Ciwidey sebagai gunung tertua. Nama Patuha konon berasal dari kata Pak Tua (Sepuh), sehingga masyarakat setempat juga sering menyebutnya Gunung Sepuh. Lebih dari seabad yang lalu, Puncak Gunung Patuha dianggap angker oleh masyarakat setempat sehingga tak seorangpun berani menginjakkan kaki, oleh karena itu keberadaan dan keindahan alamnya pada saat tersebut tidak diketahui orang.

Pada tahun 1837, seorang Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809 – 1864) mengadakan perjalanan ke Bandung Selatan. Ketika sampai di kawasan tersebut, Junghuhn merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi. Tak seekor binatang pun melintas di situ. Ia kemudian menanyakan kepada penduduk setempat, dan menurut masyarakat, kawasan puncak Gunung Patuha sangat angker karena dianggap tempat bersemayamnya arwah para leluhur serta pusat kerajaan bangsa jin. Karenany bila ada burung yang lancang terbang melintasi daerah tersebut akan jatuh dan mati. Meskipun demikian, orang Belanda yang satu ini tidak begitu percaya akan ucapan masyarakat. Ia kemudian melanjutkan perjalanannya menembus hutan belantara di gunung itu untuk membuktikan kejadian apa yang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Namun sebelum sampai di puncak gunung, Junghuhn tertegun menyaksikan pesona alam yang begitu indah di hadapannya, dimana terhampar sebuah danau yang cukup luas dengan air berwarna putih kehijauan. Dari dalam danau itu keluar semburan lava serta bau belerang yang menusuk hidung. Dan terjawablah sudah mengapa burung-burung tidak mau terbang melintasi kawasan tersebut.

Kawah Putih

Dari sinilah awal mula berdirinya pabrik belerang Kawah Putih dengan sebutan di jaman Belanda : Zwavel Ontgining Kawah Putih. Di jaman Jepang, usaha pabrik ini dilanjutkan dengan menggunakan sebutan Kawah Putih kenzanka Yokoya Ciwidey, dan langsung berada di bawah pengawasan militer

Cerita dan misteri tentang Kawah Putih terus berkembang dari satu generasi masyarakat ke generasi masyarakat berikutnya. Hingga kini mereka masih percaya bahwa Kawah Putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur. Bahkan menurut kuncen Abah Karna yang sekarang berumur ± 105 tahun dan bertempat tinggal di Kampung Pasir Hoe, Desa Sugih Mukti; di Kawah putih terdapat makam para leluhur, diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Di tempat ini masyarakat sesekali melihat (secara gaib) sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur. Franz Wilhem Junghuhn kini sudah lama tiada, namun penemuanya yang dikenal dengan nama Kawah Putih masih tetap anggun mempesona sampai saat ini,bahkan kawah putih sekarang sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara...SELAMAT BERKUNJUNG..!!

 

1. Menyewa tenda lebih praktis dibandingkan membeli kemudian membawa tenda sendiri, kecuali kalau memang pengalaman memasang dan membongkar tenda menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi anda. Jangan lupa untuk negosiasi untuk mendapat harga terbaik.
2. Membawa bekal makanan yang cukup, walaupun disana juga cukup banyak warung jajanan.
3. Membawa perlengkapan untuk memasak seperti kompor, wajan atau panci. Jangan sampai pengalaman menyenangkan terganggu karena perut yang keroncongan.
4. Membawa perlengkapan tidur, seperti kasur matras (jika punya), tikar (untuk kongkow2 diluar tenda), selimut tebal (jika membawa mobil sendiri), bantal (jika tidak bisa tidur tanpa bantal).
5. Jaket atau sweater
6. Celana pendek, lumayan untuk jalan-jalan pada saat siang, karena tidak nyaman jika celana panjang kotor oleh lumpur gara-gara tanah basah akibat hujan.
7. Sendal jepit, atau sepatu bot jika punya.
8. Alat penerangan untuk dalam tenda, kalau saya bawa lampu led, tapi bisa juga sewa lampu patromax.

Kampung Cai Ranca Upas, begitu banyak orang menyebutnya, adalah sebuah perkampungan yang terletak di tengah-tengah hutan dengan ragam keindahan yang menyejukkan mata. Tempat wisata ini terletak tepat di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas, berjarak sekitar 50 kilometer di arah selatan dari pusat kota Bandung.Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey memiliki luas lahan kurang lebih 215 hektar. Udara disini sangat sejuk dan melegakan karena lokasinya yang berada di ketinggian 1.700 meter dpl. Dalam kamus bahasa Sunda, “Kampung Cai” dapat diartikan sebagai “Desa Air”. Inilah sebab tak jarang orang menyebut kawasan ini dengan nama Desa Air Ranca Upas.

Di sekitar lokasi perkampungan adalah areal hutan lindung di mana banyak terdapat jenis pepohonan yang jarang dijumpai, seperti pohon Puspa, Huru, Pasang, Hamirung, Kurai, Jamuju, Kitambang, dan Kihujan. Tak hanya itu, kawasan ini juga kaya akan kehidupan fauna. Anda dapat menyaksikan populasi burung dan satwa-satwa yang bergerak bebas di antara pepohonan.

Penangkaran Rusa Jawa Ranca Upas Ciwidey

Kawasan wisata Ranca Upas di Ciwidey dulunya adalah bumi perkemahan yang sekaligus pula sebagai tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan berbagai komunitas. Dengan kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik, sejumlah fasilitas menarik ditambahkan di kawasan ini, seperti War Games, ATV, dan Kolam Renang Air Hangat.

Salah satu aktivitas populer yang biasa dilakukan di sana adalah mengunjungi konservasi penangkaran Rusa Jawa (Cervus Timorensis). Di tempat penangkaran, Anda dapat berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Areal pengangkaran berada pada luas lahan sebesar 5 hektar.

Kegiatan populer yang dilakukan wisatawan di tempat ini adalah memberi makan rusa-rusa tersebut dengan sayuran dan wortel yang telah disediakan.

Cervus Timorensis atau Rusa Jawa yang ditangkar di hutan lindung kawasan Ranca Upas Ciwidey memiliki bulu indah coklat kemerahan, sementara bulu leher dan kaki terlihat sedikit lebih terang. Konon, kawasan Ranca Upas hanya terdapat 11 ekor rusa saja dengan 5 diantaranya betina. Tetapi setelah bertahun-tahun dipelihara dan dibiarkan bebas berkeliaran, lahirlah bayi-bayi rusa yang semakin bertambah jumlahnya.

Area penangkaran Rusa Jawa ini juga terhubung dengan lokasi kegiatan wisata lainnya, yaitu area Outbound Tegal Kawani. Di sini Anda dapat berkemah dengan sejumlah akomodasi dan fasilitas yang telah disediakan dengan baik.

Kegiatan Lainnya di Ranca Upas Ciwidey

Jika Anda benar-benar ingin menikmati suasana alam yang natural, cobalah berkemah di Ranca Upas Ciwidey ini. Untuk kebutuhan logistik, Anda bisa membawa sendiri dari rumah atau membelinya di warung-warung yang ada di sekitar lokasi.

Di warung-warung tersebut, tersedia berbagai jenis makanan, aneka cemilan, hingga kayu bakar untuk memasak atau api unggun. Jika tidak ingin repot membawa perlengkapan berkemah, Anda dapat menyewa perlatan seperti tenda, sleeping bed, dan lain-lain. Tentu saja harga sewanya terbilang murah.

Tak hanya berkemah, di kawasan wisata Ranca Upas Ciwidey Anda dapat melakukan aktivitas menyenangkan lainnya seperti mandi bersama anggota keluarga di pemandian air panas. Jika ingin yang lebih seru lagi, tersedia juga kano yang siap membawa Anda berkeliling danau. Beberapa kegiatan yang disukai lainnya, misalnya aktivitas trekking di bukit, bermain paint ball, hingga bersepeda.

Pendek kata, Ranca Upas adalah salah satu pilihan destinasi wisata yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan tubuh dari stress dan kejenuhan.

Oleh-Oleh Khas Ciwidey

Sebagai oleh-oleh untuk para kerabat atau keluarga, Anda dapat membeli Dodol Strawberry khas Ciwidey yang dijual di kawasan Ranca Bali Ciwidey. Dodol ini diproduksi sendiri oleh penjualnya dan rata-rata mereka memiliki kebun strawberry sendiri. Dodol tersebut dibuat dari bahan alami, tanpa pengawet atau bahan kimia lainnya, sungguh sangan aman dan nikmat dikonsumsi.

AMAN,NYAMAN,PUAS DAN MENGESANKAN ITU PRIORITAS KAMI                                                               “SATULANGITTRAVELT